The Year of Great Jubilee

Koneksi Wireless Internet aDnet (sejak tahun 2004) di Citra Raya, Cikupa, Kedaton, Kencana Alam/ Bonen, Kawidaran, Panongan, Serdang, Korelet, Jambe, Bitung, Binong, Gading Serpong, Alam Sutera, Pagedangan, Jatake, Tangerang, Balaraja, Tiga Raksa, Telaga Bestari, Cisoka, Gembong, Pasar Kemis, Munjul, Cisoka, Asem, Cisauk. Handal, Cepat, Unlimited, Partner Koneksi Internet Anda E-mail/YM: adnetcs@yahoo.com SMS/Tel: 083870739953, 085100646473, 089609896060(billing) aDnet is NEAR You Now

Kamis, 08 Agustus 2013

Perubahan Pengenaan Pajak atas Jasa Layanan Internet

dikutip dari : http://managementdaily.co.id/journal/index/category/tax_accounting/8/980

Oleh : Asido Situmorang
Jumat, 31 Agustus 2007 19:00 WIB
(Vibiznews - Tax) - Dengan dikeluarkannya Direktorat Jenderal Pajak Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-70/Pj/2007 Tentang Jenis Jasa Lain Dan Perkiraan Penghasilan Neto, yang ditetapkan pada tanggal 9 April 2007, maka ditetapkan jasa layanan internet tidak dikenakan pajak.

Sebelumnya melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor Se - 45/Pj.531/1996 Tentang Ppn Atas Jasa Layanan Jaringan Internet (Seri Ppn 37-95), dengan berlatar belakang :
- komunikasi melalui jaringan internet semakin marak dan berkembang
- bisnis internet sebagai jenis kegiatan usaha yang baru
maka perlu dilakukan penegasan mengenai perlakuan perpajakannya, agar dapat tercipta perlakuan pajak yang sama diantara sesama pelaku bisnis internet tersebut.

Akan tetapi peraturan tersebut cukup memberatkan penyedia jasa internet / Internet Service Provider (ISP). Contohnya dinyatakan bahwa pemotongan PPh 6 % oleh Customer memberatkan ISP. Hal ini dikarenakan nilai invoice yang diterbitkan suatu ISP bisa saja kecil (misalnya di bawah Rp. 500.000,-), di mana untuk mendapatkan bukti potong dan setor dari Customer hampir saja tidak mungkin. Akibatnya, ISP harus menutupi setoran PPh pasal 23 tersebut beserta dendanya.

Dengan berlakuknya ketentuan yang baru diharapkan dapat membangkitkan kembali ISP, yang pada akhirnya akan memberikan atmosfir yang positif bagi pengembangan internet di Indonesia, karena tidak dapat dipungkiri dengan adanya era globalisasi dan era online ini, maka mau tidak mau masyarakat Indonesia harus memahami dan menjalankan aktifitas internet baik untuk komunikasi baik bagi kepentingan bisnis maupun pribadi.